Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota
1. Efek-Efek
Ekonomis Koperasi
· Salah
Satu Hubungan Penting Yang Harus Dilakukan Koperasi Adalah Dengan Para Anggotanya,
Yang Kedudukannya Sebagai Pemilik
Sekaligus Pengguna Jasa Koperasi
·
Motivasi Ekonomi Anggota Sebagai Pemilik Akan Mempersoalkan Dana
(Simpanan-Simpanan) Yang Telah Diserahkannnya, Apakah Menguntungkan Atau Tidak.
Sedangakan Anggota Sebagai Pengguna Akan Mempersoalkan Kontinuitas Pengadaan
Kebutuhan Barang-Jasa, Menguntungkan Tidaknya Pelayanan Koperasi Dibandingkan
Penjual/Pembeli Di Luar Koperasi
Pada Dasarnya Setiap Anggota Akan
Berpartisipasi Dalam Kegiatan Pelayanan Perusahaan Koperasi :
Jika
Kegiatan Tersebut Sesuai Dengan Kebutuhan
Jika
Pelayanan Itu Ditawarkan Dengan Harga, Mutu Atau Syarat-Syarat Yang Lebih
Menguntungkan Dibanding Yang Di Perolehnya Dari Pihak-Pihak Lain Di Luar
Operasi
2. Efek
Harga Dan Efek Biaya
· Partisipasi
Anggota Menentukan Keberhasilankoperasi. Sedangkan Tingkat Partisipasi Anggota
Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor Diantaranya: Besarnya Nilai Utilitarian Maupun
Normatif.
· Motivasi
Utilitarian Sejalan Dengan Kemanfaatan Ekonomis. Kemanfaatan Ekonomis Yang
Dimaksud Adalah Insentif Berupa Pelayanan Barang-Jasa Oleh Perusahaan Koperasi
Yang Efisien, Atau Adanya Pengurangan Biaya Dan Atau Diperolehnya Harga
Menguntungkan Serta Penerimaan Bagian Dari Keuntungan (SHU) Baik Secara Tunai
Maupun Dalam Bentuk Barang.
· Bila
Dilihat Dari Peranan Anggota Dalam Koperasi Yang Begitu Dominan, Maka Setiap Harga
Yang Ditetapkan Koperasi Harus Dibedakan Antara Harga Untuk Anggota Dengan
Harga Untuk Non Anggota. Perbedaan Ini Mengharuskan Daya Analisis Yang Lebih
Tajam Dalam Melihat Peranan Koperasi Dalam Pasar Yang Bersaing.
3. Analisis
Hubungan Efek Ekonomis Dan Keberhasilan Koperasi
Dalam
Badan Usaha Koperasi, Laba (Profit) Bukanlah Satu-Satunya Yang Di Kejar Oleh
Manajemen, Melainkan Juga Aspek Pelayanan (Benefit Oriented). Di Tinjau Dari
Konsep Koperasi, Fungsi Laba Bagi Koperasi Tergantung Pada Besar Kecilnya
Partisipasi Ataupun Transaksi Anggota Dengan Koperasinya. Semakin Tinggi
Partisipasi Anggota, Maka Idealnya Semakin Tinggi Manfaat Yang Di Terima Oleh
Anggota.
Keberhasilan
Koperasi Di Tentukan Oleh Salah Satu Faktornya Adalah Partisipasi Anggota Dan
Partispasi Anggota Sangat Berhubungan Erat Dengan Efek Ekonomis Koperasi Yaitu
Manfaat Yang Di Dapat Oleh Anggota Tsb.
4. Penyajian
Dan Analisis Neraca Pelayanan
Disebabkan
Oleh Perubahan Kebutuhan Darai Para Anggota Dan Perubahan Llingkungan Koperasi,
Terutama Tantangan-Tantangan Kompetitif, Pelayanan Koperasi Terhadap Anggota
Harus Secara Kontinuu Disesuaikan
Ada
Dua Faktor Utama Yang Mengharuskan Koperasai Meningkatkan Pelayanan Kepada
Anggotanya :
A. Adanya
Tekanan Persaingan Dari Organisasi Lain (Terutama Organisasi Non Koperasi)
B. Perubahan
Kebutuhan Manusia Sebagai Akibat Perubahan Waktu Dan Peradaban.
Perubahan
Kebutuhan Ini Akan Menentukan Pola Kebutuhan Anggota Dalam Mengkonsumsi
Produk-Produk Yang Ditawarkan Oleh Koperasi
Bila
Koperasi Mampu Memberikan Pelayanan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anggota Yang
Lebih Besar Dari Pada Pesaingnya, Maka Tingkat Partisipasi Anggota Terhadap
Koperasinya Akan Meningkat. Untuk Meningkatkan Pelayanan, Koperasi Memerlukan
Informasi-Informasi Yang Datang Terutama Dari Anggota Koperasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar