Jumat, 14 November 2014

Kegelisahan dan Pengertian Hirarki Kebutuhan Maslow



Contoh kegelisahan

            contoh kegelisahan yang pernah saya alami adalah, rasa yang tidak tentram di hati atau merasa selalu khawatir tidak dapat tenang dalam tidur,tidak sabar lagi sering merasa cemas dan selalu merasa jenuh tidak dapat untuk tersenyum dalam diri saya,itu yang membuat saya merasa gelisah dan tidak dapat merasakan kebahagiaan .

Pengertian Kesepian dan Keterasingan

-          Kesepian adalah bentuk dari seseorang yang merasakan bahwa dirinya penuh kesendirian,kehampaan,kesunyian dan kesedihan tanpa adanya sebuah kebahagiaan dalam dirinya .


-          Keterasingan adalah perilaku yang tidak dapat diterima atau tidak dapat di benarkan oleh masyarakat,atau kekurangan yang adapada dirinya seseorang sehingga tidak dapatatau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat .

Sebab – sebab Kesepian
Bermacam – macam penyebab kesepian yaitu, salah satunya frustasi dalam hal itu,orang tidak mau di ganggu,lebih senang diam dalam keadaan sepi,tidak suka bergaul ,dan lebih senang hidup sendiri. Orang yang frustasi itu bersikap rendah diri,sengaja menjahui tempat – tempat ramai. Orang ang bersikap rendah diri,pemalu,minder,merasa dirinya kurang berharga dibanding orang lain,maka orang itu lebih suka menyendiri. Karena menyendiri itu mengakibatkan kesepian .
Apa yang menjadi harapan dari sebuah perkuliahan?
Bisa menjadi orang yang sukses di kemudian hari dan dapat membanggakan kedua orang tua saya di segala aspek. Saya berharap kelak saya menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa dan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya .
Cara mewujudkannya adalah dengan selalu memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh dosen – dosen dan selalu hadir di setiap pelajaran – pelajaran dan kita agar dapat mengerti dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan di saat ujian nanti,karna dengan kita memperhatikan dosen yang sedang menerangkan maka kita akan mengerti dan memahami setiap pelajaran yang di jelaskan .
Perbedaan cara mewujudkannya dengan orang lain adalah dengan ketekunan dan keseriusannya kita karena saya sangat ingin mewujudkan itu semua,dengan adanya seseorang yang tidak percaya bahwa saya ingin mewujudkan keinginan saya ingin menyelesaikan kuliah saya dan menjadi orang yang sukses atau adanya seseorang yang meremehkan saya dan kemampuan
yang ada pada diri saya,mungkin itulah perbedaannya dengan orang lain .






Hirarki Kebutuhan Maslow

Teori hierarki kebutuhan Maslow adalah teori yang diungkapkan oleh Abraham Maslow. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.
Maslow telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni. Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan sebagainya. Kebutuhan dasar Maslow adalah sebagai berikut:

1.  Kebutuhan Fisiologis
Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.

2.  Kebutuhan Keamanan
Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.

3.  Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.

4.  Kebutuhan Esteem
Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
 
5.  Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.

Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida,  lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
  1. Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.
  2. Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.
  3. Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.
  4. Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
  5. Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
  6. Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness, dan kebutuhan harga diri.
  7. Kita harus refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik lainnya di alam dan dalam hidup.
  8. Kita harus mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk. Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
  9. Kita harus mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit, penderitaan, dan kematian.
  10. Kita harus mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan dalam membuat pilihan yang baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar