Jumat, 14 November 2014



Contoh kegelisahan

            contoh kegelisahan yang pernah saya alami adalah, rasa yang tidak tentram di hati atau merasa selalu khawatir tidak dapat tenang dalam tidur,tidak sabar lagi sering merasa cemas dan selalu merasa jenuh tidak dapat untuk tersenyum dalam diri saya,itu yang membuat saya merasa gelisah dan tidak dapat merasakan kebahagiaan .

Pengertian Kesepian dan Keterasingan

-          Kesepian adalah bentuk dari seseorang yang merasakan bahwa dirinya penuh kesendirian,kehampaan,kesunyian dan kesedihan tanpa adanya sebuah kebahagiaan dalam dirinya .


-          Keterasingan adalah perilaku yang tidak dapat diterima atau tidak dapat di benarkan oleh masyarakat,atau kekurangan yang adapada dirinya seseorang sehingga tidak dapatatau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat .

Sebab – sebab Kesepian

Bermacam – macam penyebab kesepian yaitu, salah satunya frustasi dalam hal itu,orang tidak mau di ganggu,lebih senang diam dalam keadaan sepi,tidak suka bergaul ,dan lebih senang hidup sendiri. Orang yang frustasi itu bersikap rendah diri,sengaja menjahui tempat – tempat ramai. Orang ang bersikap rendah diri,pemalu,minder,merasa dirinya kurang berharga dibanding orang lain,maka orang itu lebih suka menyendiri. Karena menyendiri itu mengakibatkan kesepian .


Apa yang menjadi harapan dari sebuah perkuliahan?

Bisa menjadi orang yang sukses di kemudian hari dan dapat membanggakan kedua orang tua saya di segala aspek. Saya berharap kelak saya menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa dan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya .

Cara mewujudkannya adalah dengan selalu memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh dosen – dosen dan selalu hadir di setiap pelajaran – pelajaran dan kita agar dapat mengerti dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan di saat ujian nanti,karna dengan kita memperhatikan dosen yang sedang menerangkan maka kita akan mengerti dan memahami setiap pelajaran yang di jelaskan .

Perbedaan cara mewujudkannya dengan orang lain adalah dengan ketekunan dan keseriusannya kita karena saya sangat ingin mewujudkan itu semua,dengan adanya seseorang yang tidak percaya bahwa saya ingin mewujudkan keinginan saya ingin menyelesaikan kuliah saya dan menjadi orang yang sukses atau adanya seseorang yang meremehkan saya dan kemampuan
yang ada pada diri saya,mungkin itulah perbedaannya dengan orang lain .







Hirarki Kebutuhan Maslow

Teori hierarki kebutuhan Maslow adalah teori yang diungkapkan oleh Abraham Maslow. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.
Maslow telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni. Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan sebagainya. Kebutuhan dasar Maslow adalah sebagai berikut:

1.  Kebutuhan Fisiologis
Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.

2.  Kebutuhan Keamanan
Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.

3.  Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.

4.  Kebutuhan Esteem
Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
 
5.  Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.

Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida,  lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
  1. Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.
  2. Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.
  3. Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.
  4. Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
  5. Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
  6. Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness, dan kebutuhan harga diri.
  7. Kita harus refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik lainnya di alam dan dalam hidup.
  8. Kita harus mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk. Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
  9. Kita harus mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit, penderitaan, dan kematian.
  10. Kita harus mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan dalam membuat pilihan yang baik.





Contoh kegelisahan

            contoh kegelisahan yang pernah saya alami adalah, rasa yang tidak tentram di hati atau merasa selalu khawatir tidak dapat tenang dalam tidur,tidak sabar lagi sering merasa cemas dan selalu merasa jenuh tidak dapat untuk tersenyum dalam diri saya,itu yang membuat saya merasa gelisah dan tidak dapat merasakan kebahagiaan .

Pengertian Kesepian dan Keterasingan

-          Kesepian adalah bentuk dari seseorang yang merasakan bahwa dirinya penuh kesendirian,kehampaan,kesunyian dan kesedihan tanpa adanya sebuah kebahagiaan dalam dirinya .


-          Keterasingan adalah perilaku yang tidak dapat diterima atau tidak dapat di benarkan oleh masyarakat,atau kekurangan yang adapada dirinya seseorang sehingga tidak dapatatau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat .

Sebab – sebab Kesepian

Bermacam – macam penyebab kesepian yaitu, salah satunya frustasi dalam hal itu,orang tidak mau di ganggu,lebih senang diam dalam keadaan sepi,tidak suka bergaul ,dan lebih senang hidup sendiri. Orang yang frustasi itu bersikap rendah diri,sengaja menjahui tempat – tempat ramai. Orang ang bersikap rendah diri,pemalu,minder,merasa dirinya kurang berharga dibanding orang lain,maka orang itu lebih suka menyendiri. Karena menyendiri itu mengakibatkan kesepian .


Apa yang menjadi harapan dari sebuah perkuliahan?

Bisa menjadi orang yang sukses di kemudian hari dan dapat membanggakan kedua orang tua saya di segala aspek. Saya berharap kelak saya menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa dan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya .

Cara mewujudkannya adalah dengan selalu memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh dosen – dosen dan selalu hadir di setiap pelajaran – pelajaran dan kita agar dapat mengerti dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan di saat ujian nanti,karna dengan kita memperhatikan dosen yang sedang menerangkan maka kita akan mengerti dan memahami setiap pelajaran yang di jelaskan .

Perbedaan cara mewujudkannya dengan orang lain adalah dengan ketekunan dan keseriusannya kita karena saya sangat ingin mewujudkan itu semua,dengan adanya seseorang yang tidak percaya bahwa saya ingin mewujudkan keinginan saya ingin menyelesaikan kuliah saya dan menjadi orang yang sukses atau adanya seseorang yang meremehkan saya dan kemampuan
yang ada pada diri saya,mungkin itulah perbedaannya dengan orang lain .







Hirarki Kebutuhan Maslow

Teori hierarki kebutuhan Maslow adalah teori yang diungkapkan oleh Abraham Maslow. Ia beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi menjadi hal yang memotivasi.
Maslow telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni. Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan sebagainya. Kebutuhan dasar Maslow adalah sebagai berikut:
1.  Kebutuhan Fisiologis
Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
2.  Kebutuhan Keamanan
Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
3.  Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
4.  Kebutuhan Esteem
Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.


5.  Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.
Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida,  lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
  1. Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.
  2. Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.
  3. Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.
  4. Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
  5. Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
  6. Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness, dan kebutuhan harga diri.
  7. Kita harus refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik lainnya di alam dan dalam hidup.
  8. Kita harus mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk. Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
  9. Kita harus mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit, penderitaan, dan kematian.
  10. Kita harus mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan dalam membuat pilihan yang baik.



Minggu, 09 November 2014

AUTUMN IN PARIS





Tara Dupont atau biasa dipanggil Victoria Ma Cherie oleh ayahnya adalah gadis berdarah campuran Indo - Prancis. Ibunya keturunan Indonesia, sedangkan ayahnya berkebangsaan Perancis. Kedua orang tuanya sudah lama bercerai yakni 12 tahun lalu saat Tara berusia 12 tahun. Pada awal perceraian orang tuanya, Tara tinggal bersama ibunya di Indonesia, tetapi 4 tahun kemudian Tara pindah ke Paris dan tinggal bersama ayahnya. Saat ini Tara bekerja di sebuah stasiun radio terkenal di Paris. Ia dikenal sebagai gadis periang, unik, menarik dan suaranya merdu, yang juga tidak kalah mengesankan Tara menguasai 3 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Prancis dan Bahasa Inggris. Di Paris Tara memiliki beberapa sahabat yakni Elise salah satu rekan kerjanya di stasiun radio yang juga seorang penyiar radio dan Sebastian anak dari salah satu teman ayah Tara. Mereka berdua bagaikan kakak adik, Sebastian adalah orang yang paling mengenal Tara, tidak heran bila Tara jatuh hati pada Sebastian.

 Kehidupan cinta Tara tidak berakhir pada Sebastian. Itu semua berawal dari pertemuan Tara dengan pria Jepang bernama Tatsuya Fujisawa. Tara dan Tatsuya berjumpa secara kebetulan. Awalnya secara tidak sengaja Tatsuya berjumpa dengan Tara di sebuah kafe di Bandara Charles De Gaulle, kemudian pertemuan kedua mereka di sebuah club pada malam harinya. Ternyata beberapa hari kemudian Sebastian mengajak Tara makan malam dan memperkenalkannya dengan seseorang, itulah Tatsuya Fujisawa. Tara tidak menyadari bahwa dia pernah bertemu dengan Tatsuya sebelum malam itu, karena pada saat pertemuan sebelumnya, Tara dalam pikiran kalut tidak karuan.

 Hari-hari berlalu, tanpa sengaja Tara bertemu dengan Tatsuya di sebuah bistro kecil, kali ini Tara menyapa Tatsuya lebih dahulu. Mulai saat itu Tara dan Tatsuya menjadi sering bertemu. Bahkan Tatsuya mengirim surat di acara yang diselenggarakan oleh stasiun radio di mana Tara bekerja. Ia menceritakan kisah-kisahnya di Paris bahkan ia menceritakan pertemuannya dengan gadis Paris, di mana gadis yang ia maksud adalah Tara Dupont. Tara juga sempat mendengar surat yang dikirim oleh Tatsuya hanya saja ia tidak menyadari bahwa ialah gadis itu. Ia hanya senang mendengar kisah-kisah Tatsuya, bahkan ia menjadi penasaran akan kelanjutan kisah Tatsuya.

Kedatangan Tatsuya ke Paris ternyata selain untuk bekerja di salah satu proyek yang ditanganinya bersama Sebastian juga untuk mencari seseorang. Orang yang Tatsuya pikir adalah penghancur hidupnya, dia adalah cinta pertama ibunya. Ibu Tatsuya meninggal setahun lalu karena mengidap penyakit kanker tepat ketika musim gugur. Itulah sebabnya ia membenci musim gugur dan Paris. Ibunya mengaku bahwa sebelum menikah dengan ayah Tatsuya, ia sempat menjalin hubungan dengan pria Prancis bernama Jean- Daniel Lamercier. Ternyata lelaki itu adalah ayah kandung Tatsuya. Tatsuya sedih, kecewa dan marah saat itu karena merasa dibohongi selama ini, tapi ia takkan bisa mengubah kenyataan. Tatsuya berusaha mempersiapkan diri sebelum menemui lelaki yang dimaksud ibunya, tetapi suatu hari ia bertekad untuk segera menyelesaikan ini semua. Ia menemui lelaki yang adalah ayahnya. Tatsuya tidak pernah menuntut pengakuan ia hanya ingin melihat bagaimana sosok yang menjadi ayahnya itu. Ternyata hal itu tidak seperti yang Tatsuya bayangkan, Monsieur Lamercier menerima Tatsuya bahkan ia tidak menolak atau menawarkan untuk melakukan tes DNA.

 Kisah hubungan Tara dan Tatsuya berjalan lancar, mereka semakin dekat mereka sering jalan-jalan bersama, keliling Paris bersama bahkan mereka makan malam bersama di apartemen Tatsuya dengan makanan hasil masakan Tatsuya. Hubungan mereka semakin dekat singkatnya mereka pacaran.

 Suatu hari adalah acara ulang tahun Elise, sahabat Tara. Elise berniat merayakannya di club ayah Tara. Club itu adalah club di mana Tatsuya dan Tara bertemu yang kedua kalinya. Di sanalah semuanya terungkap, Tatsuya menceritakan semuanya kepada Tara, bahwa gadis yang ia maksud dalam suratnya di acara radio itu adalah dia. Kebahagiaan terasa begitu hangat di antara sejoli itu, tetapi semua berubah ketika sesuatu hal terjadi. Ayah Tara datang di club itu karena itu salah satu club miliknya, Tara memanggil ayahnya dan mengajaknya kepada teman-temannya. Wajah Tatsuya berubah pucat panik ketika mendengar Tara memanggil lelaki berusia setengah abad itu Ayah. Begitu pula Monsieur Lamercier terlihat gelisah ketika mendengar pengakuan putrinya bahwa lelaki itu adalah teman dekatnya. Tetapi kebenaran itu tidak langsung terungkap karena Tatsuya dan Ayah Tara bersikap seolah tidak ada apa-apa.

Jalan cerita selanjutnya tidak sulit ditebak, beberapa hari setelah kejadian itu Tatsuya terlihat aneh, ia berubah menjadi pendiam dan selalu menyibukan diri terus-menerus. Sampai suatu hari ia memutuskan untuk meminta Monsieur Lamercier melakukan tes DNA untuk membuktikan kebenarannya. Ternyata harapan Tatsuya pupus sudah, ia dan Tara telah ditakdirkan sebagai kakak beradik. Berbagai perasaan berkecamuk dalam diri Tatsuya rasa benci, sedih, kecewa dan putus asa menjadi satu. Hubungan Tara dan Tatsuya tidak berjalan seindah seperti kisah pada awal novel ini.
.
Suatu hari Tatsuya kecelakaan, ia tertimpa balok di lokasi proyek di mana ia bekerja. Tara panik mendengar hal itu, ia dan ayahnya segera ke rumah sakit untuk melihat kondisi Tatsuya. Ketika Tara berjalan melewati koridor rumah sakit ia mendengar obrolan ayahnya dengan seorang dokter yang adalah teman lama ayahnya. Ternyata mereka sedang membicarakan masalah Tara dan Tatsuya yang adalah saudara. Tara kaget mendengar hal itu, dadanya terasa sesak dan sakit, ternyata orang yang selama ini ia cintai adalah kakaknya sendiri.

Beberapa lama setelah kejadian itu, setelah Tatsuya sembuh dari sakitnya, Tara dan Tatsuya memutuskan bahwa mereka akan mencoba menerima hal itu, sebagai kakak adik, karena itulah kenyataannya. Tetapi begitu sulit bagi mereka berdua, begitu menyakitkan. Tatsuya berencana kembali ke Jepang dan berusaha melupakan perasaannya kepada Tara. Pertemuan Tara dan Tatsuya yang terakhir kalinya benar-benar menyayat hati mereka berdua.

 Sebulan setelah kepergian Tatsuya ke Jepang. Tara mendapat telepon dari Jepang. Telepon itu dari seorang wanita, ia mengabarkan bahwa Tatsuya mendapat kecelakaan. Ia jatuh dari lantai 3 sebuah gedung. Kemudian Tara segera lepas landas menuju Jepang bersama Ayahnya. Tentunya seperti kisah-kisah roman lainnya ketika seseorang yang disayangi kecelakaan, maka ia tidak akan sanggup melihatnya, sehingga Tara memilih untuk duduk di ruang tunggu terlebih dahulu.

Sapaan seorang wanita menyadarkan lamunan Tara, ternyata ia adalah wanita yang meneleponnya tadi. Ia mengajak Tara ke apartemen Tatsuya. Tara masuk ke apartemen Tatsuya dan melihat semua hal yang berkaitan dengan Tatsuya. Tara melihat amplop di dalam sebuah laci dan membukanya, itu adalah kumpulan foto Tara yang diambil Tatsuya tanpa ia sadari. Ia juga membaca beberapa kiriman email Tatsuya kepada Sebastian yang ternyata yang Tatsuya tanyakan hanyalah kabar mengenai Tara.

Beberapa lama kemudian Tara kembali ke rumah sakit ia masuk ke ruang rawat Tatsuya dan duduk di kursi samping tempat Tatsuya dibaringkan. Kata dokter, Tatsuya tidak dapat bertahan lama karena gegar otak yang menimpanya cukup parah. Tara berbicara terbata-bata kepada Tatsuya dan berharap ada jawaban atau respon darinya namun Tatsuya hanya tetap diam dan nampak Tatsuya meneteskan air mata katika Tara mulai terhanyut dalam isak tangis. Tak lama, terdengar bunyi monitor dan terlihat garis di layar monitor itu lurus, dokter dan perawat segera masuk ke ruang rawat itu dan berusaha semampunya, tetapi Tuhan memiliki jalan lain Tatsuya tidak dapat diselamatkan. Kalimat terakhir dari email yang Tatsuya tulis kepada Sebastian adalah “selama ia bahagia, aku juga akan bahagia, meski aku harus mengorbankan hidupku”.



v Nilai moral :
Dalam kisah ini kita diajarkan untuk berkorban demi orang yang kita sayangi. Meskipun manusia memiliki perasaan satu dengan yang lain tetapi tuhan memiliki jalan sendiri, karna Kuasa dan Mujizat Tuhan itu lah yang terbesar . Kita harus bisa menghadapi kenyataan walaupun sepahit apapun itu, kita harus selalu tegar dalam hidup harus berjalan harus berusaha selalu jujur walaupun itu menyakitkan,cinta itu tidak harus saling memimiliki. Asalkan orang yang kita cintai bahagia, kita juga harus bahagia.



Selasa, 21 Oktober 2014

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 2
Menurut pendapat saya rasa kasih sayang sesama manusia kita harus saling membantu terhadap sesama dan saling menyangi dan menghargai,tidak ada mananusia yang dapat hidup sendiri tanpa adanya orang lain. Manusia dapat memiliki sesuatu hidup untuk berkelompok dan berinteraksi dengan orang lain,karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kemampuan dasar yang berbeda beda dan memliki ciri khas tersendiri yang dapat di jadikan pemenuhan kebutuhan hidup,manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat,selain itu juga diberikan yang berupa pemikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial,selain itu manusia diciptakan dari berbagai karakteristik bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal satu sama lain. Interaksi manusia akan menghasilkan bentuk masyarakat luas, Al-quran sebagai kitap suci umat islam, memberikan petunjuk mengenai ciri-ciri dan kualitas suatu masyarakat yang baik menggunakan pengembangan dan pemikiran. Disamping Al-quran juga memerintahakn kepada umat manusia untuk memikirkan pembetukan suatu masyarakat dengan kualitas-kualitas tertentu,bagi umat islam untuk membuat suatu gambaran masyarakat bedasarkan petunjuk Al-quran.
Alam diciptakan untuk manusia dapat hidup dibumi karena tuhan telah menetapakan keadaan bumi yang ada pada posisi sekarang. Pemikiran yang bedasarkan kenyataan dan tanpa disangka dapat dengan mudah memahami alam semesta yang diciptakan dan dikendalikan oleh tuhan yang semuanya diperlukan oleh manusia,kita sebagai manusia kita harus menjaga dan merawat alam sebaik-baiknya agar alam dapat terjaga dengan indah,jadi cinta terhadap alam dan lingkungan adalaah kalimat kita untuk selalu menjaga alam dan lingkungan disekitar kita alam adalah apa yang ada dilingkungan kita dimana tempat kita tinggal yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung,jadi cinta kepada alam dan lingkungan adalah rasa kasih sayang atau sayang kepada alam kita termasuk bumi dan tempat kita tinggal ,intinya kita harus menjaga alam lingkungan kita agar tidak rusak oleh tangan – tangan jahil yang tidak bertangung jawab .
Rasa cinta terhadap tuhan yaitu selalu mensyukuri atas nikmat dan karunianya,kita sebagai makhluk ciptaannya kita harus patuh dan taat terhadap perintahnya seperti beribadah,membaca Al-quran maka tuhan akan sebaliknya akan cinta kepada kita yang menjalankannya perintahnya,dalam hati ada ketenangan,kedamaian,ketentraman,rasa simpati karna begitulah fungsi cinta terhadap tuhan. Barang siapa yang mencintai tuhannya,hal tersebut akan mempengaruhi jiwa,harta,dan amal perbuatannya,rasa cinta inilah yang telah membuat seorang hambanya hidup untuk tuhannya dan bukan untuk dirinya. Jadi hal – hal yang dikehendaki oleh tuhannya akan menjadi tujuan hidupnya dalam menjalani ketentuan tidak pernah mempersempit kebaikan – kebaikan yang ada di bumi hingga menciptakan manusia secara dengan tujuan untuk memenuhi berbagai dorongan menjaga diri dan keturunan. Manusia diciptakan untuk melaksanakan tugas terlebih penting dari semua semua itu dan telah diberikan sifat – sifat  dasar demi melaksanakan tugas tersebut .

Mahabbahtullah (Mencintai Allah)
Mencintai Allah Ta’ala adalah ibadah wajib dan sebagai salah satu realisasi tauhid. Orang yang beriman akan mencintai Allah Ta’ala lebih dari segalanya. Cinta Allah Ta’ala merupakan dasar cinta dari segala bentuk mencinta yang dibenarkan dalam Islam.
Allah Ta’ala berfirman dalam al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 165:
ÙˆَÙ…ِÙ†َ النَّاسِ Ù…َÙ†ْ ÙŠَتَّØ®ِذُ Ù…ِÙ†ْ دُونِ اللَّÙ‡ِ Ø£َÙ†ْدَادًا ÙŠُØ­ِبُّونَÙ‡ُÙ…ْ ÙƒَØ­ُبِّ اللَّÙ‡ِ Ùˆَالَّذِينَ آمَÙ†ُوا Ø£َØ´َدُّ Ø­ُبًّا Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ
“Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman mereka sangat mencintai Allah.”
Cinta terhadap orang tua/keluarga
Kebanyakan anak pada jaman sekarang terkadang lupa dengan jasa para orang tua kita, mengapa dikarnakan pergaulan yang tidak baik mengakibatkan seorang anak lupa dengan jasa orang tua. Bahkan kitapun pernah melawan atau membentak orang tua kita yang telah merawat kita dari kecil Hingga sampai saat ini. Hanya dengan kesadaran diri kita dengan ditambah rasa cinta kita terhadap orang tua. Rasa cinta bisa membuat hubungan kita dengan orang tua pun bisa menjadi baik. Karena orang tua cinta dan sayang terhadap kita itu sepanjang masa melainkan anak kepada orang tua itu hanya sekejap saja dan mungkin tidak pernah peduli akan keadaan orang tua kita dikala mereka tertimpa musibah, baik dari segi ekonomi keluarga ,terbaring sakit apa seorang anak bisa mengetahui apa yang telah diderita oleh orang tua kita. Mereka bekerja dari terbit sang fajar hingga terbenamnya matahari hanya untuk seorang anak yang disayangnya. Oleh karena itu kita wajib sayang dan cinta kepada orang tua apalagi kepada ibu kita beliau yang melahirkan kita. Sekarang tugas seorang anak adalah menjadi yang terbaik untuk orang tua kita karena itu adalah suatu pengabdian kita kepada mereka. Orang tua mana yang tidak bangga melihat anaknya sukses, dengan melihat anaknya yang sukses orang tua merasa puas dengan kerja keras yang beliau lakukan untuk kita. Seorang anak harus bisa membalas jasa orang tua walaupun ada orang tua yang tidak ingin anaknya membalas jasanya . Olehkarena itu seorang anak harus patuh dan hormat kepada orang tua. Walaupun pada saat beliau marah itu hanya demi kebaikkan kita yang mereka anggap itu adalah salah. Tapi saya pernah mendengar statement orang tua, bahwa orang tuapun ada buruknya juga, karena orang tua tidak sempurna. Dengan statment seperti itu banyak orang tua yang mengajari anaknya untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama. Semua itu adalah pelajaran bagi seorang anak apabila orang tuanya tidak baik maka sosok seorang anaklah yang harus merubahnya dengan rasa cinta kasihnya terhadap orang tua kita, maka orang tua pun akan tersadar dengan prilaku anaknya yang dapat membuat orang tuanya berfikir dengan apa yang telah dilakukan oleh seorang anak. Seorang anak haruslah sayang kepada orang tuanya walaupun orang tuanya galak atau edan dahasa kasarnya.

Rabu, 01 Oktober 2014

ILMU BUDAYA DASAR


SOAL ILMU BUDAYA DASAR .
1.      Manusia merupakan mahluk yang berbudaya, dan budaya bisa mempengaruhi manusia. Menurut anda, apa yang dimaksud dengan budaya dan bagaimana budaya bisa mempengaruhi perilaku manusia.

2.      Unsur – unsur apa saja yang mempengaruhi budaya.

3.      Serta berikan contoh perubahan budaya yang sekarang.


KESIMPULAN

1.      • Menurut saya, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi .
Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk system agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Budaya dan kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Dan segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan.

• Saya akan menjelaskan tentang kebudayaan yang mempengaruhi kehidupan. Kehidupan dan kebudayaan dalam keseharian kita sangat terikat satu sama lain. Tidak semua kebudayaan pantas untuk di tiru. Misalnya kebudayaan orang barat dan kebudayaan orang Indonesia sangat berbeda. Ada beberapa kebudayaan orang barat yang tidak boleh kita tiru.
Bahasa,pakaian,makanan,perilaku,dan yang lainnya merupakan bagian dari kebudayaan. Kebudayaan dan keagamaanmemliki keterkaitan satu sama lain. Kebudayaan di Indonesia sangat beragam, memang pasti ada perbedaan namun kita sebagai manusia yang berakal tidak boleh mencoba suatu kebudayaan orang lain, justru sebaliknya, kita harus menghargai perbedaan tersebut dan menyatukannya.
Kebudayaan semakin lama, semakin berkembang. Banyak kebudayaan (kebarat-baratan) masuk kedalam Indonesia. Yang paling mendasar adalah di bahasa perilaku dan pakaian, setelah diperhatikan kini orang Indonesia berbicara dengan bahasa gaul, dan dicampur dengan bahasa inggris namun dulu lebih cenderung menggunakan bahasa daerah atau bahasa Indonesia yang baik. Perilaku orang Indonesia dan barat berbeda, contoh ketika orang barat makan roti menggunakan pisau dan garpu tetapi orang Indonesia menggunakan tangan, dan lebih vatal adalah tentang pakaian sekarang orang Indonesia lebih cendrung menggunakan pakaian yang lebih fulgar seperti orang barat jarang lagi ada yang menggunakan pakaian adat daerah. Memang kebudayaan baik untuk kedepannya tapi kita juga harus memperhatikan segi budaya dan agamanya. Kebudayaan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, intinya kebudayaan baik untuk kedepannya tapi kita juga harus memperhatikan budaya dan agamanya.
Kebudayaan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, intinya kebudayaan akan menjadi negative atau positif  tergantung dari pribadi seseorang.

2.      Unsur – unsur yang mempengaruhi kebudayaan :
·         Nilai – nilai social
·         Norma – norma social
·         Pola – pola perilaku
·         Organisasi
·         Susunan lembaga – lembaga kemasyarakatan
·         Lapisan – lapisan dalam masyarakat
·         Kekuasaan dan wewenang
·         Interaksi social
·         Hubungan social

3.      Contoh perubahan yang sekarang :
·         Pakaian
·         Pertanian
·         Model rambut
·         Ekonomi
·         Kesenian
·         Industri
·         Bahasa daerah
·         Pendidikan
·         Masuknya budaya barat
·         Cara berkomunikasi
·         Religi atau sistem kepercayaan
·         Sistem kemasyarakatan

LINK .
1.      • id.m.wikipedia.org/wiki/Buadaya

2.      ssbelajar.blogspot.com/2014/01/pengertian-dan-unsur-perubahan-sosial-budaya.html?m=1

3.      hadisasrawan.blogspot.nl/2012/11/contoh-perubahan-sosial-buadaya.html?m=1